Daya Tarik Gunung Sawur Sebagai Wisata di Kabupaten Lumajang

Nampak gagah Gunung Semeru yang terlihat dari pos pantau Gunung Sawur. Foto via @obi_navigator

Kalau berbicara mengenai Kabupaten Lumajang tidak luput pembahasan mengenai Gunung Semeru. Tapi bukan Gunung Semeru yang kita bahas kali ini, melainkan Gunung Sawur.

Gunung sawur merupakan lokasi Pos Pantau Gunung Api (PPGA) Gunung Semeru yang terletak di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro. Di Gunung Sawur aktivitas Gunung Semeru dipantau setiap harinya.

Gak cuma jadi pos pantau, Gunung Sawur juga sering dikunjungi oleh masyarakat Kabupaten Lumajang. Pemandangannya yang indah menjadi daya tarik utama.

Jalan yang menanjak dan berliku didampangi pemandangan perkebunan tebu dan singkong milik warga di sepanjangan perjalanan.

Sesampai di puncak, bentang alam berupa sawah hijau serta rumah-rumah warga setempat nampak dari atas. Gunung Semeru juga nampak jelas dan gagah jika dilihat dari Gunung Sawur.

Karena berada di tempat tinggi wajar saja jika hawa dingin menerpa. Nggakperlu khawatir bakal ada warung menyajikan minuman hangat untuk menghangatkan badan.

Waktu paling tepat ketika berkunjung adalah ketika cuaca cerah, di musim penghujan kabut akan lebih sering datang menghalangi pemandangan.