Disarpus Lumajang Gelar Pelatihan Penulisan Untuk Tingkatkan Literasi Warga Lumajang

Arum Faiza saat memberikan materi kepada peserta pelatiha penulisan di Auditurium Perpusda. Foto via @visitlumajang

Goals Penerbitan Buku Antalogi Karya Peserta Pelatihan

Tujuan akhir pelatihan ini adalah penerbitan buku berjenis antalogi yang berisi kumpulan karya dari peserta yang disebut sebagai Gerakan 1000 Penulis.

Harapannya agar para peserta bisa melatih kemampuan menulis mulai dari membuat sebuah karya awal yang nantinya bisa berkembang menjadi karya yang lebih matang.

Menurut Arum Faiza, karya tulis yang baik adalah karya yang tulus dari hati, tidak sekadar memikirkan berapa banyak hal yang akan didapat nantinya.

"Untuk menjadi penulis yang baik itu kita harus tulus. Tidak mengharapkan ketenaran bahkan royalti, karena jika ada hal-hal tersebut menjadi niat keinginan kita untuk menulis bisa pudar," ucap Arum Faiza saat menyampaikan materi.

Hingga akhir sesi pelatihan para peserta tetap semangat dan berkominten untuk ikut dalam projek penerbitan buku antalogi sehingga mereka bisa merasakan bagaimana jika karyanya diterbitkan.

Ketua dari projek Gerakan 1000 Penulis, Malikha Rustyawijayanti mengharapkan dengan adanya kegiatan ini tingkat kemampuan literasi di Lumajang semakin meningkat.

"Harapan untuk kedepan, tingkat kegemaran membaca di Kabupaten Lumajang semakin naik. Karena dengan aktivitas menulis masyarakat juga bisa aktif untuk membaca," ucap Malikha Rustyawijayanti saat diwawancarai siang tadi.