Diskominfo Lumajang Mendukung Adanya Desa Digital

Pembinaan Website Desa dan Kelurahan pada Senin 09 Oktober 2023. Foto: Diskominfo Lumajang

Dukungan Berbagai Pihak Agar Tercipta Desa Digital

Diskominfo Kabupaten Lumajang akan memfasilitasi kebutuhan pemerintah desa maupun kelurahan serta dapat saling berkolaborasi agar layanan digitak berjalan dengan baik.

"Digitalisasi ini juga sifatnya harus dilakukan sesuai dengan perkembangan. Masyarakat selalu meningingkan peningkatan pelayanan yang semakin mudah, salah satunya melalui desa digital. Nanti kami akan fasilitasi kebutuhan teman-teman ini, kita bisa saling kolaborasi," lanjut Mustaqim.

Sementara itu, perwakilan Tim Duta Digital Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia di Kabupaten Lumajang, Abdul Muiz mengungkapkan terdapat 20 kader digital desa di Kabupaten Lumajang telah dibina.

Beberapa kader sudah mengaplikasikan pelayanan desa dan penyediaan informasi berbasis digital, sementara yang lainnya masih dalam proses.

"Kami bersama tim sudah melakukan pembinaan, sementara masih ada 20 desa, sebagian besar sudah melakukan layanan menggunakan web, nah ini kita lakukan pembinaan terus menuju desa digital," ungkap Abdul Muiz.

Selain itu, dalam kegiatan Pembinaan Website Desa dan Kelurahan juga memberikan informasi terkait rokok ilegal yang menjadi salah satu program Pemerintah Kabupaten Lumajang khususnya pihak Satpol PP serta bea cukai untuk memberantas rokok ilegal.

Peserta pembinaan diberikan sosialisasi terkait ciri-ciri hingga dampak adanya rokok ilegal. Harapannya peserta pembinaan yang terdiri dari perwakilan desa bisa mengedukasi masyarakat desanya.