Festival Karawitan Dalam Rangka 5 Tahun Taruna Budaya Berkarya

Festival Karawitan: Kreasi Tembang Dolanan di Balai Desa Yosowilangun Kidul. Foto: Visit Lumajang/Dnadyaksa

Peraih Juara Festival Karawitan

Total peserta yang tampil pada Festival Karawitan berjumlah 11 tim yang dalam satu tim terdapat 10 hingga 15 orang. Dari kesebelas peserta tersebut, ada yang berasal dari luar kota yakni Kabupaten Jember.

Para peserta memperebutkan Juara 1,2 dan 3 serta Juara Harapan 1,2 dan 3. Perolehan Juara 1 berhasil diraih oleh Enggar Laras (Mundurejo), Juara 2 Widyasari (Jatisari Tempeh), Juara 3 Warga Tunggal (Mbagurejo Gumukmas Jember).

Kemudian Juara Harapan 1 SMA Bima Ambulu, Juaran Harapan 2 SMP 2 Lumajang, dan Juara Harapan 3 SMK Pancasila Ambulu.

Penampilan peserta yang berasal dari kalangan anak muda menunjukkan bahwa Festival Karawitan dapat menjadi ajang untuk pelestarian budaya. Hal tersebut didukung penuh oleh Pemerintah Desa Yosowilangun Kidul.

Sementara itu, Zuniar Wahyu sebagai founder Sanggar Taruna Budaya berharap acara selanjutnya nanti bisa lebih meriah dan lebih banyak peserta.

"Saya beraharap di selanjutnya acara ini bisa lebih meriah, lebih banyak juga pesertanya," ucap Zuniar saat diwawancarai Visit Lumajang.

Fesival Karawitan adalah salah salah satu kegiatan dalam acara ulang tahun ke 5 tahun Sanggar Taruna Budaya. Dalam rangkain acara tersebut masih ada beberapa kegiatan seperti Eco Fashion Fest 2023 dan Ruwatan Sukerto Massal.