Flashmob Tari Topeng Kaliwungu Hipnotis Pengunjung Loemadjang Mbiyen

Flashmob tari Topeng Kaliwungu di Loemadjang Mbiyen (24/12). Foto: Visit Lumajang/Ahmad

Event Loemadjang Mbiyen merupakan salah satu agenda yang ditunggu-tunggu masyarakat Kabupaten Lumajang saat peringatan Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke-767 tahun ini.

Acara Loemadjang Mbiyen yang diselenggarakan di kawasan Pabrik Gula Djatiroto ini diselenggarakan selama 3 hari, mulai dari 23-25 Desember 2022 secara gratis.

Dalam gelaran ini, nuansa zaman dulu tersaji melalui pasar jajanan rakyat, permainan dan kesenian tradisional hingga kostum pengunjung maupun peserta yang benunsa jadul.

Menariknya, dalam event ini juga ada pertunjukan flashmob tari Topeng Kaliwungu yang merupakan salah satu kesenian asli Lumajang, Sabtu (24/12) siang ini.

Terlihat belasan penari yang didominasi anak muda menghibur pengunjung, lewat performa mereka yang tampil di tengah-tengah pengunjung yang hadir di Loemadjang Mbiyen.

Gerakan para penari ini seakan menghipnotis para pengunjung, membuat sebagian orang ikut serta menari di tengah keramaian. Tak sedikit pengunjung yang terkejut dengan penampilan ini.

Keseruan momen ini tercipta tatkala irama nyanyian dipadukan dengan gamelan bersenandung, hingga membuat atmosfer mencair, menjadi tak biasa karena tak ada sekat dengan penonton.