Gubernur Jawa Timur Kunjungi Posko Darurat, Pastikan Keamanan Masyarakat Lumajang

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bercengkrama dengan pengungsi. Foto: Visit Lumajang/Istimewa

Sinergi Pemerintah Lumajang dan Provinsi Jawa Timur

Selain itu Bupati Lumajang juga menambahkan pihaknya mengantisipasi adanya curah hujan tinggi dipuncak Semeru karena berpotensi APG menjadi lahar dingin saat curah hujan tinggi.

Kemudian, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berpesan kepada semua pihak agar terus membangun sinergi untuk bergerak melakukan evakuasi, mengingat saat ini masih ada potensi terjadinya lahar dingin.

Gubernur Jawa Timur dengan Bupati Lumajang sudah mengkoordinasikan tim kesehatan dan dapur umum dari Pemprov Jatim sudah disiapkan di Pronojiwo, meskipun tim BPBD Pemprov sempat berada di wilayah Candipuro.

"Kita semua memiliki tugas untuk menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat. Masyarakat disini saya rasa sudah mengenali, maka kami himbau melakukan evakuasi diri menjadi penting," ujar Khofifah Indar Parawansa.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa juga menyampaikan bahwa logistik dan layanan kesehatan sudah cukup, baik di Candipuro maupun di Pronojiwo.

Sejumlah bantuan dari Gurbernur Jawa timur diberikan untuk meringankan beban masyarakat pasca erupsi Gunung Semeru, seperti bantuan sembako, makanan instan (sarden).

Tak hanya berupaka makanan tetapi kebutuhan lain seperti masker kain anak dan dewasa, masker medis, selimut, kasur lipat, bantal, pakaian layak pakai, air mineral, perlengkapan mandi dan cuci pakaian, serta terpal.