Hari Radio Sedunia, Sejauh Mana Eksistensi Radio di Lumajang?

Foto via @suaralumajang104.1

Peran Penting Radio di Era Global

Radio sampai saat inipun masih merupakan salah satu perangkat komunikasi paling kuat meski banyak ditemukan penemuan-penemuan baru di bidang media.

Media audio ini dinilai sangat membantu masyarakat yang tinggal di wilayah-wilayah terpencil atau mereka yang mengalami keterbatasan akses internet dan listrik, sehingga tetap bisa berkomunikasi dengan dunia luar.

Manfaat penting lain radio adalah mendekatkan berbagai lapisan dan kelompok masyarakat yang memiliki keyakinan berbeda sehingga mencegah potensi timbulnya konflik dan perpecahan.

Radio bahkan bisa menjadi media yang mampu memprediksi kemungkinan penggunaan cara kekerasan, dan bagaimana bentrokan sampai terjadi, kemudian membuka upaya-upaya untuk mencegahnya.

World Radio Day (WRD) dibuat untuk mengingat mengapa kita mencintai radio, dan alasan kenapa di era sekarang kita sangat membutuhkan radio lebih dari sebelumnya.

Hari Radio Sedunia adalah saat untuk mengingat kembali bagaimana keunikan dan kelebihan yang dimiliki radio, khususnya dalam mempersatukan seluruh pendengar radio di manapun berada.

Dalam peringatan World Radio Day atau Hari Radio Sedunia, sudah semestinya tidak hanya diperingati dengan seremonial saja, perlu dilakukan inovasi agar saluran radio tidak tergerus oleh kemajuan teknologi.