Hari Radio Sedunia, Sejauh Mana Eksistensi Radio di Lumajang?

Foto via @suaralumajang104.1

LPPL Radio Suara Lumajang 104.1 FM

Menurut Penanggungjawab Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Suara Lumajang, Joko Dwi Laksono, saat ini radio perlu melakukan inovasi dan adaptasi agar tidak tergerus oleh arus yang semakin maju.

"Di era kekinian, radio harus bisa beradaptasi dengan zaman, channel-channel lain yang bisa dipergunakan untuk berkolaborasi dengan radio," ungkapnya, dilansir dari Portal Berita Lumajang.

Terlebih menurut Joko, media sosial seperti halnya Facebook, Youtube dan aplikasi streaming lainnya sudah bisa dipadukan dengan model penyiaran radio. Seperti yang sudah dilakukan LPPL Radio Suara Lumajang.

"Kami sebagai pengelola radio harus mencoba semua channel yang ada, mengingat dewasa ini kelompok audien ada di channel-channel tersebut," imbuhnya.

Joko berharap upaya tersebut akan membawa perubahan pola informasi di radio. Sebagai radio penyiaran milik pemerintah, tentu harapannya juga mampu menjadi pusat informasi di Kabupaten Lumajang dan sekitarnya.

Meskipun bukan capaian yang mudah, namun dirinya bersama seluruh kru Radio Suara Lumajang 104.1 FM tetap optimis dengan memberikan inovasi yang terbaik.

"Tentu itu bukan hal yang mudah untuk dicapai, tapi kami harus tetap optimis. Banyak tantangannya, terutama kru radio yang harus banyak belajar dan mau mengembangkan potensi di dunia broadcasting," pungkasnya.