Ini Alasan Kenapa Air Terjun Tumpak Sewu Disebut Niagara Versi Indonesia

Panorama Air Terjun Tumpaksewu dari atas. Foto via @nonie_sisca

Gunung Semeru sebagai puncak tertinggi di Pulau Jawa selalu memukau perhatian wisatawan sampai tingkat dunia. Spot wisata di sekitarnya juga menarik siapapun untuk berkunjung, salah satunya air terjun Tumpaksewu.

Air terjun Tumpaksewu terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Keunikan air terjun ini terletak pada aliran air terjunnya yang melebar bak tirai raksasa, membuat siapapun pasti terpesona.

Aliran air mengalir jatuh melalui tebing setinggi 120 meter, menyejukkan hawa di sekitarnya. Derasnya air menghasilkan embun yang melingkupi air terjun. Tak heran jika air terjun ini sering dijuluki Niagaranya Indonesia.

Visiters punya 2 opsi untuk menikmati keindahan Tumpak Sewu, yakni Pos Panorama untuk melihat dari atas, dan Pos Lembah buat kamu yang pengen melihat keagungan air terjun Tumpaksewu dari bawah.

Jalan setapak menuju Pos Panorama aksesnya mudah. Tangga sudah dilengkapi pegangan, membuat Visiters aman saat perjalanan. Perjalanan takkan terasa membosankan dengan pemandangan hutan di sekitarnya.

Jika beruntung, kamu akan mendapatkan panorama Gunung Semeru di balik Tumpak Sewu. Sebuah pemandangan yang wajib kamu abadikan dengan kamera atau smartphone dan mengunggahnya di media sosial.

Sesuai namanya Tumpak berarti aliran air dan Sewu bermakna seribu. Tumpak Sewu memiliki arti seribu aliran. Ini karena banyaknya aliran air yang jatuh terlihat menyelimuti tebing.