Kepoin Sejarahnya! Peringatan Hari Kereta Api Nasional

Kereta api yang melintasi jalur rel Klakah, Kabupaten Lumajang. Foto via @mhmmd_agam98

Masa Pemerintahan Jepang Hingga Sekarang

Menginjak tahun 1942, Pemerintah Hindia Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang. Akibatnya perkeretaapian Indonesia diambil alih Jepang dan berubah nama menjadi Rikuyu Sokyuku (Dinas Kereta Api).

Selama berada di tangan Jepang, kereta api dioperasikan hanya untuk kepentingan perang semata. Kemudian, asal mula ditetapkan Hari Kereta Api Nasional adalah ketika dilakukan pengambilalihan Kantor Pusat Kereta Api Bandung

Tepatnya pada tanggal 28 September 1945, tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Kereta Api Nasional sekaligus tanda berdirinya Djawatan Kereta Api Indonesia Republik Indonesia (DKARI).

Setelah itu perusahaan kereta api Indonesia mengalami beberapa perubahan nama bahkan penggabungan dengan perusahaan Belanda ketika sempat kembali ke tanah air pada 1946.

Setelah beberapa perubahan, nama yang hingga saat ini dipakai sebatai PT Kereta Api (Persero) ditetapkan pada tahun 1998.

Itu dia sedikit ringkasan sejarah tentang Kereta Api Nasional, untuk visiters yang ingin mengetahui lebih detail lagi bisa mgnunjungi situs resmi Heritage KAI.

Hari ini merupakan peringatan Hari Kereta Api Nasional ke 77 yang mengangkar tema "Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik." Selamat Hari Kereta Api Nasional jangan bosan naik kereta api ya visiters!