Kilas Balik Setelah Berakhirnya Kepemimpinan Cak Thoriq

Cak Thoriq saat berada di atas panggung Closing Ceremony Porprov Jatim 2022. Visit Lumajang/Dnadyaksa

Capaian yang Bermanfaat Bagi Lumajang

Tidak lupa pula masalah mengenai tambang pasir yang cukup sering terjadi. Cak Thoriq pun telah berusaha untuk menyelesaikan persoalan itu dengan damai.

Persoalan terkait infrastruktur di wilayah Lumajang Utara juga sudah berhasil Cak Thoriq selesaikan. Kemudian, pelebaran jalan nasional yang menghubungkan Probolinggo-Lumajang pun sudah tuntas.

"Sekarang tuntas juga untuk pelebaran jalan yang dari wilayah Leces (Probolinggo) sampai Lumajang," ungkap Cak Thoriq.

Lalu, untuk capian terbesar Cak Thoriq adalah saat penanganan bencana erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada tahun 2021. Ia mengaku bekerja ekstra untuk menangani bencana tersebut dikarenakan ada banyak korban yang harus diperhatikan.

"Ada sekitar 2 ribu orang kehilangan rumah. Tidak sekadar rumah saja, tapi juga kehidupan mereka juga harus diurus," lanjut Cak Thoriq.

Kala itu, penanganan bencana erupsi Gunung Semeru menjadi super prioritas. Bahkan beberapa menteri dan pejabat pusat langsung terjun menuju Kabupaten Luamajng. Saat ini, para korban bencana disediakan tempat tinggal di kawasan relokasi Bumi Semeru Damai (BSD) yang lebih aman.

"Alhamdulillah hunian relokasi Bumi Semeru Damai telah dihuni oleh para penyintas erupsi Gunung Semeru ," pungkas Cak Thoriq.