Kreatif Banget! Wabah Corona, Warga Biting Rame-Rame Pasang Boneka Depan Rumah

Salah satu orang-orangan sawah di depan rumah warga. Foto via @visitlumajang

Corona emang bikin siapapun pusing. Mulai dari pedagang kaki lima yang harus membatasi operasionalnya, pekerja yang harus bekerja dari rumah, sampai pengguna jalan yang repot karena jalan protokol ditutup.

Di tengah pandemi yang kian menjadi, beberapa warga RW 10 Dusun Biting, Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono, berinisiatif untuk memasang boneka yang mirip orang-orangan sawah di depan rumah mereka.

Eni Sofia, salah satu warga RT 1 RW 10 mengaku awalnya salah satu warga memasang orang-orangan di depan rumah sebagai salah satu alternatif menangkal pagebluk (wabah penyakit, -red.).

"Kalau dulu katanya kalau ada pagebluk seperti sekarang ini, maka dibuatkan orang-orangan yang ditaruh depan rumah. Dari bambu dan tempurung kelapa," ungkap Eni saat ditemui siang ini, Rabu 14 Juli 2021.

Dari awalnya hanya satu dua rumah yang memasang, beberapa rumah warga akhirnya juga memasang orang-orangan dengan bahan seadanya, beberapa bahkan ada yang kepalanya dari bola bekas.

Abdul Karim, Ketua RW 10 memaparkan tidak ada permintaan khusus terkait pemasangan orang-orangan yang konon bisa menangkal wabah penyakit ini.

"Ya semacam tradisi saja sih, di beberapa daerah lain kan juga ada kepercayaan seperti ini, memasang boneka atau orang-orangan di depan rumah saat terjadi wabah penyakit," ungkap Abdul Karim.