Kreatif Banget! Wabah Corona, Warga Biting Rame-Rame Pasang Boneka Depan Rumah

Boneka orang-orangan di depan rumah warga Biting. Foto via @visitlumajang

Keyakinan Boneka Penolak Bala

Menurutnya, soal percaya nggak percaya hal itu bisa menangkal wabah kembali kepada pribadi masing-masing. Justru yang bisa diambil adalah kreativitas warga untuk membuatnya.

Karim juga mengungkapkan warga di daerah ini juga rutin menggelar istighatsah untuk memohon pertolongan dari Allah SWT, pihaknya juga selalu menghimbau warga untuk tetap menaati protokol kesehatan.

Dari pengamatan VisitLumajang.com, orang-orangan sawah di Dusun Biting ini juga diberikan pakaian bekas manusia. Meskipun sederhana, memang terlihat unik, sekaligus menyeramkan.

Dari berbagai sumber, orang Madura biasa menyebut orang-orangan sawah ini dengan istilah Petakotan. Di Bali, orang biasa menyebutnya dengan istilah Lelakut alias Memedi Sawah.

Kepercayaan boneka sebagai penolak bala atau pengusir bala emang bukan barang baru, dan menjadi tradisi yang masih diyakini di beberapa daerah.

Di Jakarta misalnya, Ondel-Ondel dulunya juga dipercaya sebagai boneka pengusir bala. Uniknya, di belahan dunia lain yang lebih modern sekalipun seperti Jepang, tradisi semacam ini masih ada dan dilestarikan.

Gimana nih menurut kalian Visiters? Masih ada nggak tradisi semacam ini di daerah kalian? Unik atau malah menyeramkan menurut kalian?