Menarik! Prosesi Harjalu dan Lumajang Carnival Berikan Nuansa Sejarah dan Tradisional

Jajaran Pemerintah Kabupaten Lumajang yang mengikuti iring-iringan menuju Alun-alun Lumajang. Foto: Visit Lumajang/Dnadyaksa

Iring-iringan Hingga Penampilan Sejumlah Tari Tradisional

Jajaran Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam kegiatan Prosesi Harjalu juga memakai pakaian senada yakni memakai baju khas Lumajang.

Baju tersebut bernuansa hitam dengan hiasan pernak pernik emas dipadankan dengan bawahan batik motif khas Lumajang dilengkapi blangkon hitam bagi pria.

Seluruh rangkaian prosesi menggunakan Bahasa Jawa mulai dari awal hingga proses adicara yang dilaksanakan di Alun-alun Lumajang.

Bahkan, Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni dalam sambutannya juga menyampaikan pesan dan sambutan dalam bahasa Jawa.

Setelah prosesi adicara selesai kegiatan dilanjutkan dengan Lumajang Carnival yang menampilkan sejumlah hiburan tradisional seperti jaran kencak serta tari tradisional.

Sejumlah penari menampilkan Tari Bedoyo, Tari Glipang Rodat, Tari Jaran Slining, Tari Topeng Kaliwungu, Jaran Kencak & Penari Kopyah, Tari Godril, yang dikemas secara medley.

Di akhir acara Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni mempersilahkan masyarakat untuk melakukan Grebek Gunungan yang telah disediakan berupa gunungan berbagai hasil bumi berupa buah dan sayuran.