Menengok Sejarah Musik Beatbox, Musik yang Lahir Dari Kesederhanaan

East Java Beatbox saat menggelar event di Lumajang. Foto via @visitlumajang

East Java Beatbox

Jangan salah, nggak hanya di perkotaan aja musik beatbox berkembang dan digemari. Di Lumajang sendiri ternyata musik ini masih mendapat tempat, bahkan ada komunitasnya.

Seperti saat event Kebo Balapan (Keluarga Beatbox Battle Lawan Pandemi) yang digelar 26 Desember 2020 lalu di Wekaweka Foodline.

Meskipun tidak digelar secara meriah karena situasi pandemi, event ini berjalan sukses dengan dukungan Lumajang Beatbox Micx, komunitas beatbox di Lumajang.

East Java Beatbox sendiri merupakan komunitas di Jawa Timur yang menaungi komunitas-komunitas beatbox di masing-masing kota/kabupaten se-Jatim.

Saat menggelar event, perwakilan beatboxer dari kota lain juga akan datang. Baik untuk mengikuti battle beatbox yang menjadi ritual rutin maupun sekedar bertemu, saling sapa dan sharing teknik.

Vingky, salah satu anggota komunitas ini mengatakan bahwa komunitasbeatbox di Lumajang masih aktif dan rutin berkumpul untuk latihan bareng.

Meskipun selama setahun belakangan ini akan sulit dijumpai event seperti ini karena pandemi, beatboxer di Lumajang yakin komunitasnya akan terus berkembang dan mencetak beatboxer-beatboxer andal.