Pahami Literasi Keuangan, Pelaku UMKM Lumajang Ikuti Sosialiasi Cinta Rupiah

Sambutan Anggota DPRD Lumajang Usman Afandi, Bunda Farin dan OJK Jember. Foto @visitlumajang

Pentingnya Memahami Literasi Keuangan

"Kami khawatir dengan beredarnya uang emisi baru masyarakat belum paham dan tidak mau menerima. Dengan sosialiasi ini, peserta yang hadir dari Dasawisma diharapkan akan menyebarkan info ke masyarakat," ungkapnya.

Di tempat terpisah, H. Charles Meikyansah memaparkan selain literasi keuangan yang tidak kalah penting adalah akses terhadap permodalan. Jangan sampai masyarakat terlilit lintah darat, atau pinjaman online ilegal.

"Pemerintah melalui BI, OJK, dan Himbara memiliki kewenangan untuk menyalurkan KUR atau Kredit Usaha Rakyat," ungkap Anggota DPR RI dari Dapil Lumajang - Jember ini.

"Akses permodalan lewat KUR ini sangat menarik, untuk mengembangkan usaha pelaku UMKM. Ada KUR mikro maupun super mikro yang bisa dimanfaatkan," imbuhnya saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Sosialisasi Rupiah pecahan emisi baru, instrumen investasi serta akses permodalan dipaparkan oleh pemateri dari Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maupun Himbara.

Kegiatan sosialisasi Rupiah bagi pelaku UMKM ini juga dihadiri Kepala Bagian Pengawasan OJK Jember Zulkifli, Pimpinan Cabang BRI, Mandiri, BNI dan BTN Lumajang yang tergabung dalam Himbara.

"Sosialisasi seperti ini akan kami adakan secara berkala di Lumajang dan Jember dengan menggandeng mitra strategis perbankan," tandas H. Charles Meikyansah.