Pemkab Lumajang Akan Optimalkan Potensi Wisata di Ranupane

Pagelaran budaya Tengger Festival yang dilaksanakan di Desa Ranupane. Foto: Visit Lumajang/Def

Upaya Untuk Mengoptimalkan Pariwisata

Nantinya, pemerintah berencana akan mengoptimalkan sejumlah jasa yang berkaitan dengan pengembangan potensi wisata lokal.

Jasa tersebut salah satunya seperti kesiapan home stay dan jasa tour guide untuk berwisata di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

"Pemenuhan infrastruktur kelayakan untuk orang datang kesini (Ranupane). Seperti jasa pariwisata home stay dipersiapkan," ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq saat diwawancarai pada Minggu, 20 Agustus 2023.

Selanjutnya Pemerintah Kabupaten Lumajang juga akan rutin menggelar event-event serupa yang berlokasi di venue amphiteater yang berlatar danau Ranupane tersebut.

Selain itu, bupati juga menjelaskan pihaknya bakal mengembangkan potensi wisata sebagai tarik dengan mengadakan paket wisata di kawasan TNBTS.

"Konsep event akan dimatangkan lagi, kemudian kami akan memanfaatkan paket wisata. Jadi orang berkunjung tidak hanya ke Ranupane, tapi bisa sepaket ke Bromo ataupun Air Terjun Tumpak Sewu," tutup bupati.

Kabupaten Lumajang memang memiliki banyak sekali potensi pariwisata alam menarik yang dapat meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat, sehingga perlu terus ditingkatkan agar mendapatkan hasil yang optimal.