Pemkab Lumajang Gelar Musrenbang untuk Tetapkan Visi Ambisius 20 Tahun Kedepan

Musyawarah Rencana Pembangunan di Gedung dr. Soedjono. Foto: Visit Lumajang/Istimewa

5 Visi Sasaran Ambisius

Dalam agenda tersebut Pemkab Lumajang menetapkan 5 visi sasaran. Pertama, Kabupaten Lumajang berambisi untuk meningkatkan pendapatan per kapita penduduknya.

Poin tersebut diambil guna memastikan bahwa setiap individu mempunyai akses yang lebih baik atas sumber daya dan kesempatan ekonomi, serta mampu meningkatkan taraf hidup secara keseluruhan.

Kedua, pemerintah daerah menetapkan untuk mengurangi tingkat kemiskinan menuju 0 persen dan menurunkan ketimpangan ekonomi. Harapannya supaya tercipta kesetaraan dan keadilan sosial di Kabupaten Lumajang, maka setiap warga bisa menikmati kehidupan yang layak dan bermartabat.

Ketiga, pemerintah daerah Lumajang berkomitmen untuk meningkatkan status sebagai lumbung pangan di Jawa Timur. Hal tersebut merupakan tanggapan akan pentingnya ketahanan pangan dalam menghadapi tantangan global, serta guna memastikan ketersediaan pangan yang cukup dan merata.

Keempat, upaya peningkatan produktivitas dan daya saing sumber daya manusia menjadi prioritas utama dari kelima sasaran visi Kabupaten Lumajang.

Rencananya pemerintah berusaha untuk meningkatkan potensi dan kontribusi masyarakat dalam pembangunan daerah melalui pendidikan, pelatihan, dan pengembangan keterampilan.

Terakhir, Pemkab Lumajang berambisi untuk menurunkan emisi gas rumah kaca menuju net zero emissionSejalan dengan komitmen global, point tersebut dilakukan untuk mengurangi dampak negatif perubahan iklim, serta menjaga keberlanjutan lingkungan bagi generasi mendatang.