Pemkab Lumajang Pantau Stok Garam Beryodium di Sejumlah Pasar Tradisonal

Pemantauan garam beryodium di pasar tradisional yang ada di Kabupaten Lumajang. Foto: Kominfo Lumajang

Sosialisasi Garam Beryodium Sebagai Garam Konsumsi

Oleh sebab itu, pihaknya akan terus mengedukasi masyarakat mengenai jenis-jenis garam yang memenuhi syarat kesehatan dan disarankan untuk dikonsumsi.

Pada kegiatan pemantauan tersebut, juga dilakukan pengujian secara langsung kadar iodium dari semua garam yang ditemukan di pasar atau toko sekitar menggunakan tes cepat dengan Iodina Test.

Dalam kesempatan itu, Farianingsih mengingatkan para pedagang untuk selalu menjual garam beryodium sebagai garam konsumsi, karena garam curai/krosok hanya boleh digunakan untuk ternak.

"Kami juga sekaligus menyosialisasikan tentang manfaat garam beryodium. Jika, para pedagang sadar dengan pentingnya garam beryodium, harapannya dapat mengurangi peredaran garam tidak beryodium di masyarakat," harap Farianingsih.

Di sisi lain, salah satu pedagang di Pasar Pronojiwo, Ipung mengungkapkan, bahwa menyampaikan terima kasih kepada Tim GAKI Kabupaten Lumajang.

Sebab, dengan adanya kegiatan pemantauan garam beryodium seperti saat ini, masyarakat bisa mengetahui kadar yodium pada garam yang dijualnya.

"Jika selama ini masyarakat banyak berfikir, bahwa kalo garam yang sudah di packing dari pabrik pasti mengandung yodium, padahal kenyataanya tidak selalu seperti itu," ungkap Ipung.