Pendakian Gunung Semeru Dibuka Lagi, Ini Syarat yang Wajib Kamu Patuhi

Pos Kalimati di jalur pendakian Semeru via @visitlumajangproject

Batas Pendakian Sampai Kalimati

Selain itu, pendaki wajib menggunakan masker dan membawa cadangan minimal 4 buah masker. Membawa obat-obatan pribadi dan hand sanitizer.

Sementara itu sesuai arahan PVMBG Pos Gunung Sawur, Lumajang, batas akhir pendakian yang diizinkan adalah sampai Kalimati.

TN Bromo Tengger Semeru juga membatasi tempat mendirikan tenda bagi para pendaki, yang hanya diperbolehkan di kawasan Ranu Kumbolo dan Kalimati.

Sebelum dibuka, Tim Balai Besar TNBTS telah melakukan sterilisasi atau pengecekan jalur sampai dinyatakan aman untuk kembali dibuka. Untuk masa New Normal ini, pembelian tiket hanya dilayani via online.

"Pendakian yang diizinkan untuk yang sudah berumur minimal 10 tahun dan maksimal 60 tahun. Pembelian karcis masuk melalui booking online pada situs bookingsemeru.bromotenggersemeru.org," ungkap John Kenedie.

Pertimbangan pendakian Semeru dibuka kembali salah satunya adalah untuk membangkitkan roda ekonomi masyarakat sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Selain itu, yang menjadi pertimbangan subyektif tentunya adalah kerinduan Visiters terutama para pendaki untuk mendaki gunung tertinggi di Jawa ini.