Penyuluhan Tempe dan Festival Jajanan Pasar Sebagai Usaha Dukung UMKM Lumajang

Arumi Bachsin Emil Dardak mencicipi Sego Kelor di Festival Jajanan Pasar. Foto via Diskominfo Lumajang

Fokus Usaha Sego Kelor Dengan Lauk Tempe

Menurut Ketua TP PKK Jatim, Arumi Bachsin  Emil  Dardak menyebut bahwa kegiatan penyuluhan ini sudah mencakup aspek-aspek dari sepuluh tugas pokok PKK.

"Kegiatan ini sudah mencakup aspek dari sepuluh tugas pokok PKK. Kami mengapreasiasi, Ibu Bupati Lumajang sebagai Ketua TP PKK Lumajang yang telah menyelenggarakan kegiatan ini," ujar Arumi Bachsin Emil Dardak.

UMKM Lumajang saat ini fokus dengan produk kuliner dan kreativitas produk lokal lainnya. Sego Kelor dengan salah satu lauk utamanya tempe menjadi inti dari penyuluhan kali ini.

Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Musfarinah Thoriq berharap kegiatan penyuluhan bisa memunculkan ide untuk mengembangkan usaha kuliner yang nantinya mampu meningkatkan kesejahteraan.

"Kita punya semangat untuk berkegiatan mengatasi berbagai tantangan. Harapannya melalui penyuluhan ini bisa memberikan ide kreatif yang meningkatkan kesejahteraan," harap Musfarinah Thoriq.

Sego Kelor dan Tempe menjadi kuliner yang diangkat dalam acara ini karena memiliki kandungan gizi yang baik juga ada aroma khas dari kelor. Kemudian lauk tempe bisa didapat dengan harga murah dan mudah dibuat.

Tempe juga memiliki segudang fakta menarik berdasarkan riset seperti membantu mencegah kanker, menjaga kesehatan usus, hingga memiliki nutrisi yang sebanding dengan daging sapi.