Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Agus Setiawan Ingatkan Lagi Pentingnya Menjaga Ideologi Bangsa

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2021 oleh ormas PP Lumajang. Foto via @visitlumajang

Kesaktian Pancasila Terbukti Selama Berpuluh Tahun

"Selain ideologi dari luar yang merusak tatanan kebangsaan, kita harus mewaspadai politik identitas yang berpotensi memecah persatuan, memantau dan mengingatkan jika ada potensi seperti itu di sekitar kita," ungkapnya.

Dalam sejarah bangsa Indonesia, telah terbukti Pancasila berhasil menyatukan bangsa. Meskipun banyak ujian yang membuat bangsa kita hampir terbelah seperti peristiwa RIS sampai G 30 S/PKI.

Keunikan negara dengan lebih dari 17 ribu pulau, suku, agama dan aliran kepercayaan yang majemuk ini menurut Agus hanya bisa disatukan oleh ideologi Pancasila.

"Pancasila ini akan jadi sakti jika kita yang membuatnya sakti, berikan teladan dengan mengamalkan setiap sila dalam kehidupan sehari-hari mulai dari hal terkecil di lingkup keluarga atau lingkungan sekitar," pinta Agus.

"Jadikan momentum Hari Kesaktian Pancasila untuk memberikan yang terbaik bagi nusa dan bangsa, berikan kontribusi yang terbaik, sekecil apapun itu untuk kepentingan masyarakat," tandasnya.

Pada kesempatan ini, Agus juga meminta seluruh kader bersabar karena PP Lumajang belum bisa menggelar kegiatan secara besar atau masif karena masih dalam suasana pandemi.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini dihadiri oleh Pengurus MPC dan MPAC Pemuda Pancasila Lumajang, Koti Mahatidana, Srikandi PP serta beberapa tokoh masyarakat Lumajang.