Pertama Digelar Kontes Kambing Senduro Piala Presiden

Bupati Lumajang saat menghadiri Kontes Kambing Senduro Piala Presiden. Foto : Kominfo Lumajang

Kontes Kambing Senduro di Dukung oleh Pemkab Lumajang

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti Kontes Kambing Senduro panitia sangat terbuka untuk itu. Namun, sebelumnya peternak atau pemilik kambing perlu mempelajari 13 kriteria yang menjadi regulasi penilaian Kontes Kambing Senduro.

Peternak perlu memeriksa kelayakan kambing yang dimiliki apakah sesuai dengan kriteria yang diberikan oleh panitia. Hal tersebut dilakukan agar Kambing Senduro dapat dinilai dengan skor terbesar yang akan menjadi pemenang.

Sebagai ketua panitia Yanuar juga berharap adanya Kontes Kambing Senduro ini menjadi ajang promosi Kambing Senduro jenis kualitas kontes atau kualitas daging.

"Harapannya bisa menguntungkan peternak Kambing Senduro agak makin banyak yang tertarik beternak atau membeli kambing jenis ini," ujar Yanuar.

Sementara itu, adanya Kontes Kambing Senduro ini disambut baik Pemerintah Kabupaten Lumajang. Bupati Lumajang Thoriqul Haq yang membuka acara tersebut secara resmi mengaku hal ini sebelumnya sudah diharapkan oleh masyarakat.

"Sejak lama ini diinginkan sebagai bentuk apresiasi kepada para peternak Kambing Senduro, kami ingin agar populasi Kambing Senduro terus dikembangbiakkan. Ini sebuah potensi asli Lumajang yang sudah diakui negara," ujar bupati.

Tentu saja potensi seperti ini harus dijaga, baik oleh pemerintah daerah maupun para peternak. Diketahui saat ini, populasi Kambing Senduro di Kabupaten Lumajang sudah mencapai sekitar 61 ribu ekor.