Petugas Evakuasi Pendaki Hipotermia di Gunung Lemongan

Korban yang akhirnya dilarikan ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan penangan lebih lanjut. Foto: Visit Lumajang/Ahmad VL

Evakuasi Berjalan Dramatis

Menurut penuturan Kabid Kedaruratan dan Rehabilitasi BPBD Lumajang, Reza Aditya saat dikonfirmasi pada Rabu dini hari, 2 Agustus 2023 tim evakuasi sudah diterjunkan dan melakukan assesment.

Petugas terkait langsung menerjunkan tim evakuasi dibantu dengan relawan setempat menuju ke rombongan korban dan melakukan tindakan medis.

"Ada 8 pendaki, salah satu ada yang mengalami hipotermia. Kami sudah terjunkan tim evakuasi untuk melakukan assesment," ujar Reza.

Proses evakuasi cukup memakan waktu dan melibatkan petugas gabungan dari BPBD Lumajang, Tagana dan relawan setempat. Hal tersebut lantaran medan pendakian yang cukup sulit ditambah kondisi fisik korban yang sangat lemah.

"Kondisi survivor (korban) yang lemas membut tim evakuasi memutuskan untuk istirahat lebih sering demi keselamatan,” kata Reza.

Kondisi korban yang lemas juga membuat petugas terpaksa menggendong Fatoni. Meski begitu, setelah kurang lebih sekitar 6 jam proses evakuasi, akhirnya korban berhasil diselamatkan.

Setelah dilakukan proses evakuasi, korban langsung dilarikan ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.