Sang Ahli Stratak Banyak Wide atau Arya Wiraraja dari Bumi Lamajang (Bagian 3)

Buku Sejarah Lumajang dari awal praaksara hingga awal kemerdekaan. Foto: Visit Lumajang/Ratna

Berkah Kerjasama Raden Wijaya dan Arya Wiraraja

Menurut Kidung Harsawijaya, pasukan Mongol berkoalisi dengan pasukan Raden Wijaya dan pasukan Arya Wiraraja dari Madura untuk melakukan penyerangan pada Jayakatwang.

Pertempuran dahsyat pun terjadi di Daha, banyak tentara yang mati dari kedua belah pihak. Dan dalam waktu singkat Kerajaan Kediri dapat dikuasai oleh Tentara Tar Tar/Mongol.

Pertempuran berakhir dengan kekalahan kerajaan Kediri yang ditandai dengan ditawannya Jayakatwang diikuti dengan seratus anggota keluarganya.

Sesudah pertempuran, Raden Wijaya diperbolehkan pulang ke Majapahit atau Tarik oleh dua panglima perang Cina Shi-pie dan Iheh-mi-shih.

Disinilah buah dari kecerdikan Raden Wijaya yang didukung Kecerdasan Strategi teknik dan taktik oleh Arya Wiraraja dalam memanfaatkan kehadiran tentara Tar Tar untuk mencapai Cita-citanya menguasai Jawa.

Dalam perjalanan menuju Tarik, Raden Wijaya di dikawal oleh dua opsir dan 200 tentara Tar Tar. Dengan strategi yang matang, Raden Wijaya bersama prajuritnya berhasil membunuh dua orang opsir Tar Tar dan tentaranya dalam perjalanan menuju Tarik.

Tentara Tartar menghadapi serangan mendadak dengan kondisi kurang siap dan sedang merayakan kemenangan atas Jayakatwang. Akhirnya Tentara Tar Tar bergerak ke arah utara untuk melakukan pelarian dan kembali ke negeri asalnya.

*Diambil dari Buku Buku Sejarah Lumajang Dari Awal Praaksara Hingga Awal Kemerdekaan