Sang Ahli Stratak Banyak Wide atau Arya Wiraraja dari Bumi Lamajang (Bagian 5)

Buku Sejarah Lumajang Dari Awal Praaksara Hingga Awal Kemerdekaan. Foto: Visit Lumajang/Ratna

Wilayah Arya Wiraraja

Dari sisi geografis lokasi ini juga menjadi wilayah yang subur tanahnya. Sehingga menjamin perputaran roda ekonomi bagi masyarakat ibu kota, terutama dalam sektor pertanian.

Daerah wilayah Arya Wiraraja yang di berikan Kertarajasa meliputi Gunung Bromo Dan Semeru mulai Probolinggo, Lumajang ke timur sampai Banyuwangi.

Sementara menurut Mansur (sejarahwan asli Lumajang) daerah wilayah Lamajang Tigang Juru meliputi Lamajang dan tiga negara bagian yaitu Patukangan (Panarukan) , Blambangan, dan Madura.

Kraton Kerajaan Lamajang Tigang Juru berada di Arnon atau sekarang Kutorenon. Dalam pembangunan kraton kerajaan sang ahli strategi Arya Wiraraja memilih Arnon

Hal tersebut karena letaknya yang aman dari Letusan Gunung Semeru dan disisi Utara berbatasan dengan Sungai Bondoyudo.

Kemudian ketimur akan di temukan rawa-rawa yang sangat luas sampai daerah Jatiroto sehingga ketika ada penyerangan pada Kraton Lamajang Tigang Juru haru menyebrangi sungai besar di sisi utara Kraton.

Disini Arya Wiraraja juga membangun benteng yang kokoh dan seluas 135 Ha dan di lengkapi enam menara intai tiga disisi barat dan lainya di masing masing arah terdapat pengungakan (tempat pengintaian).

*Diambil dari Buku Buku Sejarah Lumajang Dari Awal Praaksara Hingga Awal Kemerdekaan