Sebelum Terjadi Gempa Bumi, Ini Yang Harus Kamu Lakukan

Salah satu rumah warga yang rusak akibat gempa di Pronojiwo. Foto via WAG/Istimewa

Gempa bumi mengguncang Lumajang siang ini membuat panik beberapa warga. Dilaporkan beberapa rumah rusak akibat getaran gempa, antara lain di wilayah Pasrujambe, Pronojiwo dan Gucialit.

Dikutip dari BMKG, gempa 6,7 SR di Lumajang ini bersumber dari titik pusat gempa di 90 km barat daya Kabupaten Malang, dengan kedalaman 25 km, tepat pukul 14.00 WIB.

Dengan kondisi geografis Indonesia yang dekat dengan lempeng gempa serta banyak gunung berapi, edukasi tentang mitigasi bencana sangat penting loh Visiters untuk kita ketahui.

Visitlumajang.com merangkum sejumlah tips yang bisa kamu terapkan sebelum terjadinya gempa. Setidaknya tips ini berguna untuk meminimalisir dampak yang terjadi akibat bencana gempa bumi.

Pertama, kunci utamanya adalah mengenali apa yang disebut gempa bumi. Pastikan bahwa struktur dan letak rumah Visiters dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa bumi (longsor, liquefaction, dll.).

Mengevaluasi dan merenovasi ulang struktur bangunan rumah agar terhindar dari bahaya gempa bumi tentu sangat disarankan.

Kedua, kenali lingkungan tempatmu bekerja. Perhatikan letak pintu, lift serta tangga darurat. Jadi apabila terjadi gempa bumi, sudah mengetahui tempat paling aman untuk berlindung.