Sebelum Terjadi Gempa Bumi, Ini Yang Harus Kamu Lakukan

Longsoran batu besar akibat gempa menewaskan satu pengendara motor di Piket Nol. Foto via WAG/Istimewa

Tips dari BMKG

Nggak ada salahnya belajar dasar-dasar P3K, belajar menggunakan alat pemadam kebakaran dan mencatat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi bencana gempa bumi.

Ketiga, persiapan rutin pada tempatmu bekerja dan tinggal. Perabotan seperti lemari bisa diatur menempel pada dinding, dipaku atau diikat untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempa bumi.

Simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran. Serta ingat untuk selalu mematikan air, gas dan listrik apabila tidak sedang digunakan.

Keempat, penyebab celaka yang paling banyak pada saat gempa bumi adalah akibat kejatuhan material. Jadi, atur benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah.

Jangan lupa untuk selalu mengecek kestabilan benda yang tergantung, yang dapat jatuh pada saat gempa bumi terjadi, misalnya lampu yang rentan jatuh.

Kelima, siapkan peralatan yang harus ada di setiap tempat untuk persiapan. Antara lain kotak P3K, senter/lampu baterai, radio, makanan suplemen dan air.

Kumpulan tips dari BMKG di atas mungkin tidak bisa mencegah gempa bumi ya Visiters, tapi setidaknya akan membuat kita dan keluarga kita relatif lebih aman saat terjadi gempa bumi.