Sejarah Pemandian Alam Selokambang, Danau Bekas Tempat Batu yang Terapung

Lanskap kolam pemandian alam Selokambang. Foto via @visitlumajang

Pemandian Alam Selokambang objek wisata yang pastinya tidak asing lagi untuk masyarakat Lumajang. Pemandian yang bersumber dari mata air alami, kesegaran airnya membuat ketagihan.

Dibalik kepopulerannya Pemandian Alam Selokambang memiliki cerita menarik mengenai asal usul adanya pemandian alam tersebut. 

700 tahun lalu wilayah yang saat ini disebut Lumajang dipimpin oleh Adipati Arya Wiraraja disebut sebagai hadiah Raja Majapahit karena Adipati Arya Wiraraja sangat berjasa bagi Majapahit.

Kediaman Adipati Arya Wiraraja dipakai oleh prajurit Kadipaten berlatih keprajuritan atau sekarang disebut Situs Biting.

Setelah 35 hari adipati Arya Wiraraja meninggal,  Desa Biting diserang oleh prajurit Majapahit. Masyarakat wilayah Biting tidak melakukan perlawanan sama sekali, akhirnya mereka mengungsi keluar daerah.

Tidak terkecuali Demang Ploso, atau biasa disebut kepala distrik pada zaman sekarang ikut mengungsi menuju ke tempat yang lebih aman.

Demang Ploso mempunyai Abdi Kinasih (pembantu rumah tangga) yang saat itu berusaha mencari tuannya yang sedang mengungsi.