Siap-siap Datang Ke Event Loemadjang Mbiyen, Ada Transportasi Gratis!

Loemdajang Mbiyen akan mengusung era jadul tahun 1930 - 1960. Foto: Visit Lumajang/Istimewa

Salah satu kegiatan rangkaian Hari Jadi Lumajang yaitu Loemadjang Mbiyen akan digelar di kawasan Pabrik Gula Jatiroto pada 23 - 25 Desember 2022.

Dijelaskan Yuli Harismawati, Ketua Dinas Pariwisata Lumajang bahwa, Loemdajang Mbiyen #2 ini akan dilaksanakan dengan mengusung era jadul tahun 1930 - 1960 dan akan dibagi menjadi 4 zona.

"Ini jadulnya rujukan pada Tahun 1930 - 1960, tapi tidak menutup kemungkinan masyarakat yang nantinya hadir berkekspolor untuk berpakaian atau kostumnya, itu bukan patokan utamanya," ujar Yuli.

Selain itu, Yuli juga mengungkapkan Loemadjang Mbiyen #2 akan dibagi menjadi 4 zona. Zona heritage yang menampilkan bangunan, properti dan aktivitas lumajang pada masa tahun 1930 hingga tahun 1960.

Kemudian Zona pasar rakjat, yang menampilkan kegiatan jual beli produk/jajanan masyarakat pada masa tahun 1930 hingga tahun 1960. 

Zona taman hiboeran rakjat, berisikan panggung utama, tempat kegiatan pembukaan, hiburan kesenian, permainan tradisional rakjat dan stand plat sebagai wahana transportasi keliling area, serta tempat penyelenggaraan penutupan.

Dan zona yang terakhir adalah zona jajanan rakjat, merupakan area yang berisi kegiatan jual beli (pedagang kaki lima) untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.