Sulin Mujiarto Pengusaha Lumajang, Hidup Selalu Belajar

Sulin Group dipercaya untuk pemasangan water purifier PT Mustikatama Group. Foto: Istimewa

Sulin Mujiarto adalah seorang pengusaha asal Kabupaten Lumajang yang saat ini memimpin sebuah perusahaan yang dirintisnya. Perusahaan tersebut bernama Sulin Group yang bergerak dibidang perakitan depo air minum juga terdapat pemasangan cctv.

Bapak 4 orang anak ini memiliki banyak cerita hidup yang naik turun untuk bisa mencapai kesuksesan yang diraih saat ini bersama keluarganya.

Sulin Mujiarto lahir di Kabupaten Lumajang dididik dari keluarga yang sederhana. Dia sudah mulai bekerja saat masih kelas 2 SD membantu Emak sapaan akrab Sulin kepada sang Ibu.

Berbekal tempeh, karung, dan keplak (stick kayu sepanjang 40 cm) Sulin dan Emak mulai mencari orang yang sedang panen gabah untuk ngasak gabah yaitu memisahkan gabah dari limbah batang atau daun padi.

Sulin terus melakukan ngasak gabah hingga jam 8 pagi saja, karena agenda selanjutnya harus pergi ke sekolah. Sebelum pulang bersiap sekolah ia terkadang pergi ke tengkulak untuk menjual hasil gabah yang diperoleh.

Hingga memasuki masa SMP Sulin tetap bekerja untuk mengisi waktu luang sambil membantu orang tua. Dahulu ia merupakan alumni SMP Negeri 1 Kunir.

Saat Sulin bekerja saat pagi sebelum berangkat sekolah untuk menjadi buruh untuk menyiram tanaman cabe di ladang milik tetangga.