Tanaman Ubi Jalar Madu Jadi Potensi Banyak Cuan saat Kemarau di Lumajang

Ubi jalar madu, tanaman yang cocok ditanam saat musim kemarau. Foto: Visit Lumajang/Ahmad VL

Potensi Ekspor Ubi Jalar Madu Hingga Ke Luar Negeri

Meskipun terjadi penurunan jumlah permintaan yang dapat dipenuhi di tahun ini, potensi petani ubi jalar madu masih tetap signifikan.

Tingginya permintaan terhadap ubi jalar madu ini memungkinkan pemasaran dalam skala yang lebih besar hingga wilayah luar provinsi Jawa Timur seperti Bandung dan Cirebon.

Petani ubi jalar madu lokal bahkan membantu beberapa perusahaan untuk memenuhi permintaan ekspor ke luar negeri seperti Jepang dan Korea.

Adanya masalah penurutnan pasokan yang bisa dipenuhi akibat dari keterbatasan lahan. Selain itu, turunnya minat petani dalam menanam ubi jalar madu juga menjadi faktor yang berpengaruh.

"Banyak petani yang masih mengalami trauma akibat dari gagal panen tahun lalu karena intensitas hujan yang sangat tinggi," keluh Hariyanto.

Namun, jika ditanya alternatif jenis tanaman yang bisa ditanam sata musim kemarau, ubi jalar madu tetap menjadi potensi bagi petani yang lebih menguntungkan.

Berbeda dengan padi serta tanaman lain yang membutuhkan banyak air, ubi jalar madu memerlukan lebih sedikit air, sehingga modal yang dibutuhkan lebih rendah dibandingkan dengan tanaman musim kemarau lainnya.