Terekam Kamera EWS, Macan Kumbang Semeru Diduga Turun ke Curahkobokan

Petugas EWS yang sedang menunjuk seekor satwa yang terekam di monitor. Foto via Nolar.id

Pernyataan TNBTS Terkait Rekaman Video Kamera Pengawas EWS

Selanjutnya identifikasi awal pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dilakukan oleh tim pengendali ekosistem hutan melihat ciri-ciri hewan yang terekam di kamera pengawas EWS.

“Dari hasil identifikasi awal yang dilakukan oleh tim pengendali ekosistem hutan, Dugaan awal memang benar yang ada dalam video tersebut memang macan kumbang,” kata Sarif Hidayat Humas TNBTS dirilis dari Nolar.id.

Petugas juga menyakini ciri-ciri warna bulu yang didominasi warna hitam serta gaya berjalannya terlihat posisi punggung dari hewan tersebut lebih tinggi dari badan bagian depan.

Tanda tambahan berupa bentuk ekor yang relatif lebih panjang dan menjulang ke atas seakan menjadi cluetambahan. Namun, pihak TNBTS masih perlu identifikasi mendalam serta orientasi lapangan.

Dengan memasang kamera trek harapannya dapat membantu memastikan bahwa satwa tersebut memang benar panthera pardus melas jenis macan tutul atau macan kumbang.

Kemunculan macan kumbang tersebut menimbulkan rasa khawatir terhadap warga di sekitar lokasi yang masih terdapat aktivitas kebencanaan pascaerupsi.

Selain hal ini juga menjadi kabar baik karena panthera pardus melas sudah langka dan jarang ditemui belakangan ini. Apapun itu semoga hal baik selalu mengiringi ya Visiters...