Tips Camping Biar Aman, Menyenangkan, dan Tanpa Kendala

Gunung Tambuh spot camping di daerah Pasirian, Lumajang. Foto: Visit Lumajang/KIM Condro

Jaga Lingkungan Jaga Keselamatan

Ketiga, persiapkan makanan dan minuman yang cukup. Jangan lupa bawa makanan yang cukup untuk kamu dan teman-temanmu. Khususnya pasokan air minum, jangan sampai kehabisan sebelum pulang.

Keempat, pilih lokasi pasang tenda yang tepat. Usahakan tiba di lokasi sebelum gelap, agar bisa memasang tenda dengan mudah.

Cari area datar dan kering untuk memasang tenda. Pastikan jauh dari bahaya seperti pohon mati, tebing, atau daerah yang rentan banjir.

Kelima, Jaga Lingkungan. Jaga lingkungan camping, jangan merusak tanaman atau menebang pohon di lokasi. Kemudian jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Tinggalkan lokasi berkemah seperti semula. Pastikan juga, api unggun benar-benar padam sebelum pulang.

Keenam, jaga keselamatan. Selalu berhati-hati sejak berangkat, di lokasi, hingga kembali pulang. Bawa peralatan pertolongan pertama yang lengkap. Jika kondisi badan tidak sehat, sebaiknya tunda rencana camping kalian.

Waspada juga dengan hewan liar di lokasi berkemah. Selalu antisipasi adanya hal-hal buruk, misalnya ada ular atau hewan berbahaya lainnya. Antisipasi juga adanya cuaca buruk. Bawa jas hujan atau payung bila perlu.

Itulah sejumlah tips buat kalian yang ingin camping dengan aman, menyenangkan dan tanpa kendala. Semoga camping kalian aman dan menyenangkan.