Tubing dan Healing di Tumpak Selo Jadi Salah Satu Rangkaian Kegiatan Harjalu 768

Acara Tubing dan Healing juga diisi dengan kegiatan pelepasan benih ikan. Foto: Visit Lumajang/Dnadyaksa

Kado Spesial, Peningkatan IPM Lumajang

"Karena memang dari segi geografis itu semua sudah mendukung. Kita dikelilingi oleh 3 gunung berapi, kawasan laut, dan kita punya kawasan hutan yang bisa kita kerjasamakan untuk bisa meningkatkan potensi pariwisata kita sekaligus dapat memperkuat perekonomian desa, " lanjut Yuyun.

Mengingat kegiatan pariwisata dapat mempengaruhi perekonomian, Yuyun juga menyebutkan berdasarkan rilis BPS (Indeks Pembangunan Manusia) IPM Kabupaten Lumajang Tahun 2023 naik menjadi 69,37. Terdapat kenaikan sebesar 0,89 poin dibanding tahun sebelumnya.

Pj. Bupati Lumajang melanjutkan ia ingin mendorong daya beli masyarakat dengan mengadakan program dengan mengajak jajaran OPD untuk belanja di UMKM Lumajang supaya IPM Lumajang juga ikut meningkat.

"Saya punya program saya gerakkan dulu para pimpinan OPD juga para JPT Pratama untuk belanja produk UMKM. Dengan kenaikan daya beli masyarakat meningkat  otomatis IPM kita juga meningkat," pungkas Yuyun.

Kegiatan Tubing dan Healing ini diikuti sekitar 700-an staf DPUTR Lumajang bersama keluarga. Tak hanya itu, acara ini juga diisi dengan kegiatan penanaman pohon dan pelepasan benih ikan di kawasan wisata Tumpak Selo.

Beberapa Kepala OPD, Camat Sumbersuko, Kades Petahunan serta tamu undangan lain turut serta pada rangkaian kegiatan pagi ini.

Sejumlah stand-stand UMKM Lumajang yang menjual berbagai produk makanan hingga minuman juga dihadirkan agar peserta Tubing dan Healing dapat berbelanja produk lokal.