Unik Seperti Tungku, Coban Pawon Masih Diburu

Coban Pawon di Gucialit Lumajang via @muh_maulana_akbar

Holaaaa Visiters! Udah pada kangen basah-basahan nggak nih? Tenang, kami masih menyimpan banyak rahasia keindahan Lumajang lhoo... Tapi kami kasih tau satu-satu dulu yaaa...

Siapa yang tidak mengenal Gunung Semeru? Kabupaten penghasil pisang yang besarnya ampun-ampunan. Pasti jawabannya sangat dekat dengan kota Lumajang.

Tapi, Visiters pernah dengar Coban Pawon nggak? Atau ada di antara kalian yang sudah pernah ke sana? Ya, Coban Pawon. Sebuah air terjun yang sangat unik.

Pemberian nama Coban Pawon bukan tanpa alasan. Dalam Bahasa Jawa, coban berarti air terjun. Atau di beberapa wilayah di Indonesia dikenal dengan sebutan curug dan antrukan.

Sementara istilah pawon sendiri, berarti dapur, atau bisa juga diartikan tungku. Jika diartikan dan digabungkan maka memiliki arti kucuran air yang masuk ke dalam tungku.

Diberi istilah seperti itu dikarenakan aliran air di Coban Pawon ini berasal dari atas batu berbentuk gua. Dinding-dinding batu ini yang mengelilingi air  yang jatuh dari atasnya.

Sehingga tak heran jika dilihat secara sekilas, nampak mirip tungku perapian di dapur yang biasa digunakan untuk memasak.