5 Tips Biar Kamu Gak Dehidrasi Saat Puasa Ramadhan

Hindari olahraga berat saat sedang berpuasa karena bisa menyebabkan dehidrasi berat. Foto: rattanakun

Kontrol Gizi Dan Olahraga Saat Puasa

Cara yang ketiga dengan mengurangi menyantap makanan asin dan makanan berpotein tinggi saat sahur. Saat puasa dan cepat merasa haus mungkin saja itu karena terlalu banyak makan makanan asin saat sahur.

Garam memiliki sifat yang mudah menyerap air, sehingga ketika makan banyak makanan asin pengaturan cairan tubuh berpengaruh. Maka dari itu perlu untuk kita menyeimbangkan asupan gizi dalam menu sahur dan berbuka. 

Tips yang keempat berbuka dengan buah-buahan dan sayur-sayuran. Kandungan buah dan sayur yang kaya akan serat bisa membantu mengembalikan hilangnya cairan saat puasa.

Sayuran juga membantu pencernaan karena mudah dicerna oleh lambung. Buah-buah yang berair pasti memberikan kesan segar ketika konsumsi sekaligus memenuhi cairan dan gula harian kita.

Tips yang terakhir untuk menghindari melakukan olahraga berat. Kegiatan olahraga tetap dianjurkan meskipun sedang berpuasa.

Jadi, pilihlah olahraga ringan untuk mengindari dehidrasi. Olahraga ringan yang bisa kamu lakukan seperti jalan kaki, jogging, atau zumba. Dan pilih waktu yang baik untuk melakukan olahraga.

Itu dia 5 tips untuk kamu agar tidak dehidrasi saat puasa ramadhan. Jangan paksakan diri untuk berpuasa jika sudah merasa lemas, linglung, pusing segeralah memeriksakan diri ke dokter.