Adaptasi Perkembangan Teknologi, Waskita Karya Terus Berperan Dalam Pertumbuhan Ekonomi

Sosialisasi Peran Kemitraan UMKM & BUMN Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi. Foto: Visit Lumajang/Ratna

Digitalisasi Waskita Karya, Tidak Menghambat Tapi Memberikan Manfaat

Digitisasi merupakan sebuah cara untuk merubah proses bisnis konvensional menjadi digital. Dimana hal tersebut mendukung kondisi pandemi yang perlu mengurangi interaksi langsung/konvesional.

Amin menjelaskan bahwa banyak BUMN yang menerapkan digitalisasi sudah sejak lama tetapi semakin gencar ketika pandemi datang.

"Transformasi digital BUMN, Waskita Karya sudah dimulai pada tahun 2016, karena ada pertumbuhan besar-besaran. Saat pandemi mereka semakin gencar digitalisasi ke semua menejemen," jelas Amin.

Dengan ditetapkannya digitalisasi sebagai salah satu pilar transformasi bisnis Waskita Karya, jumlah aplikasi yang dimanfaatkan perusahaan pun berkembang pesat.

Amin kembali menjelaskan bahwa, digitalisasi pada proses bisnis Waskita Karya memberikan dampak luar biasa yaitu winning ratenaik menjadi hampir 30%

"Waktu itu proses bisnis Waskita Karya jadi digital, kerennya winning rate mereka naik jadi hampir 30%. Jadi lebih untung daripada saat masih konvensional maksimal 20%," ungkap Amin.

Terbukti dari pengalaman yang ada pada Waskita Karya bahwa beradaptasi menggunakan teknologi dapat memberikan solusi sekaligus menambah manfaat daripada proses bisnis biasa.