Asrinya Kali Banjarwaru, Ikan Hilir Mudik Dengan Bebas

Foto via Pemdes Banjarwaru

Melihat ikan hilir mudik dengan bebas di sungai yang melewati pemukiman padat penduduk tentu jadi pemandangan yang jarang dijumpai saat ini.

Tapi ini tidak berlaku di Desa Banjarwaru, Kecamatan Lumajang. Sungai kecil yang melewati desa tersebut tampak asri karena minim sampah. Setiap saat kita juga bisa melihat ikan berseliweran dengan jelas di kali ini.

Kesuksesan Desa Banjarwaru ini tak lepas dari kepedulian warga yang turut menjaga kebersihan sungai dan tidak memancing ikan yang ada di kali ini.

Ditemui saat pelepasan benih ikan ke Kelompok Tirto Waru dari UPT Dinas Perikanan Kecamatan Lumajang, Rabu 10 Maret 2021, Kepala Desa Banjarwaru menghimbau masyarakat untuk peduli Sungai Waru.

"Atas nama Pemdes Banjarwaru kami mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perikanan Lumajang atas bantuan bibit ikan lokal untuk Pokmas Tirto Waru Berseri," ungkap Samsul Arifin, S.Pt., Kades Banjarwaru.

Bantuan ini sangat membantu dan memotivasi masyarakat, dengan harapan ada manfaat yang bisa dirasakan warga Desa Banjarwaru.

Peran serta warga tentu jadi kunci sukses keberhasilan desa ini, dengan menjaga kebersihan Sungai Waru. Pelepasan benih ikan juga akan membuat ekosistem Sungai Waru tetap terjaga.