Banser Untuk Negeri, Lagu Karya Musisi Lumajang Dilaunching di Balai Desa Purwosono

Tasyakuran Lagu Banser Untuk Negeri di Balai Desa Purwosono. Foto via @visitlumajang

Lagu Banser Untuk Negeri

Imam Suhermanto termasuk salah satu musisi yang aktif menghasilkan karya. Sejumlah lagu sudah diciptakan dan dinyanyikannya, antara lain lagu Papua Tetap Saudara, Tim Cobra dan lagu Lawan Covid-19.

"Udah lama ingin menciptakan lagu untuk Banser. Tapi baru terealiasi bulan Agustus 2020 kemarin. Saya bahkan mempelajari sejarah Banser. Dulu pernah ikut Banser mengawal Zainuddin MZ saat di Lumajang," ungkapnya.

Setelah menulis liriknya, Imam kemudian mengirim lirik tersebut ke Gus Eros (Fahrur Rozi) Ketua GP Ansor Kabupaten Lumajang, dan baru 3 bulan kemudian selesai di-review.

"Saya bikin lagu Papua Tetap Saudara 10 menit udah jadi, begitupun beberapa lagu ciptaan lainnya, cukup singkat. Tapi lagu untuk Banser ini paling lama karena bicara soal agama dan nggak mau sembarangan juga," ungkapnya.

Imam bahkan bercerita sering baca Al-Fatihah, untuk ngalap berkah agar dilancarkan proses pembuatan lagu Banser Untuk Negeri. Proses aransemen sendiri dikerjakan Syauqi (S-One Record) memakan waktu sebulan.

Dalam pembuatan lagunya, Anggota DPRD Lumajang Deddy Firmansyah yang sekaligus Waka PAC GP Ansor Sukodono memberikan masukan banyak, sekaligus memberikan warna dengan gebukan drum yang dimainkannya.

Dalam proses penggarapan video klipnya, beberapa spot tempatnya antara lain di Dam Sentul dan Jembatan Sungai Jurang Dawir (Sumbersuko) serta Stadion Semeru Lumajang.