Berbekal Tekad, Okhal Merchandise Nekat Rilis Kaos Khas Lumajang

Aktivitas di Mosub Sablon Kaos. Foto via @visitlumajang

Okhal Merchandise merupakan sebuah brand clothing lokal Lumajang yang diproduksi Moch. Subhan, pemuda asli Lumajang yang berdomisili di daerah Grati, atau tepat di depan SMP 3 Lumajang, Jln. Wijaya Kusuma.

Berawal dari usaha sablon dan konveksi sederhana bernama Mosub Sablon, pemuda ini merilis merk Okhal, yang merupakan singkatan dari Oleh-Oleh Khas Lumajang.

Pria yang berstatus mahasiswa tingkat akhir di STIE Widya Gama Lumajang memulai usaha sablon kaos sejak 2016. Niatnya dari awal memang memiliki brand kaos lokal untuk menunjukkan kebanggaan sebagai warga Lumajang.

Dirinya mengaku belajar teknik sablon kaos dari Youtube. Sampai kemudian memutuskan untuk belajar secara profesional ke salah satu rumah produksi di Solo.

"Terinspirasi Jogja dengan merk-merk seperti Dagadu, atau Joger di Bali, Di mana keunikan sebuah daerah bisa diangkat lewat sebuah kaos," ungkapnya.

Label Okhal sendiri secara resmi mulai dirilis sejak 2018. Lewat label ini, Moch. Subhan ingin mengangkat ikon khas di Kabupaten Lumajang, seperti kesenian Jaran Kencak maupun Pisang Agung.

Di akhir September kemarin, Okhal merilis artikel terbarunya berjudul Gedang Agung. Kaos dengan artwork yang menampilkan petani penunggang kuda yang membawa Pisang Agung.