Desa Model Layak Anak Dirilis di Lumajang, Gesang dan Jokarto jadi Role Model

Deklarasi Desa Layak Anak di wisata pemandian alam Sumber Takir (14/10). Foto via @diskominfolumajang

Bupati Lumajang Thoriqul Haq hadir dalam Deklarasi Desa Model Layak Anak di wisata pemandian alam Sumber Takir, Jokarto, Tempeh, Kamis 14 Oktober 2021.

Dalam deklarasi ini, Desa Jokarto dan Desa Gesang, Kecamatan Tempeh resmi menyandang predikat Desa Model Layak Anak, dalam acara yang juga digelar online via Zoom ini.

Kedua desa tersebut merupakan desa model yang difasilitasi oleh LPKP (Lembaga Pengkajian dan Kemasyarakatan Pembangunan) Jawa Timur.

Program ini menjadi bagian dari Model Desa Layak Anak Program Kemitraan Strategis Penanggulangan Pekerja Anak di Sektor Pertanian (KESEMPATAN).

Cak Thoriq, sapaan akrab Bupati Lumajang menyampaikan pendidikan terhadap anak saat ini memiliki tantangan yang dinamis. Di mana generasi anak saat ini cenderung lebih dekat dengan gadget.

Bupati berpandangan bahwa dulu sebelum adanya gadget, anak lebih memiliki interaksi dengan lingkungan. Mereka juga punya jiwa sosial dan emosional terhadap sesama yang lebih baik. 

"Kalau kita tidak mengantisipasi problem ini akan menjadi persoalan yang akut, untuk itu perlu adanya upaya yang serius seperti adanya forum anak," ungkap Bupati Lumajang Cak Thoriq.