Eksotika Bromo 2021: Ruwat Rawat Segoro Gunung

Eksotika Bromo 2021 di Desa Ngadiwono. Foto via @visitlumajang

Setelah vakum tahun sebelumnya karena kondisi pandemi, event Eksotika Bromo Kabupaten Pasuruan digelar pada tahun ini, 6 - 7 November 2021 dengan mengusung tema Ruwat Rawat Segoro Gunung.

Sebelumnya event Eksotika Bromo 2021 ini akan digelar di area Penanjakan 1, Tosari, namun karena kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru masih ditutup, acara diadakan di Lapangan Wonojati, Desa Ngadiwono.

Dalam tahun Panca, Eksotika Bromo Festival membawa Tema Ruwat Rawat Segoro Gunung dengan harapan kembalinya semesta melalui ruang untuk bernafas dan memulihkan diri.

Dengan pagelaran Eksotika Bromo 2021, akan menjadi awalan dan gerakan baru di sektor pariwisata dan budaya untuk tumbuh kembali.

Beragam tarian adat kontemporer hasil kreasi sanggar tari dari warga lokal setempat, Pasuruan, Jawa Timur, maupun dari beberapa pulau di Indonesia sukses mengundang decak kagum penonton yang hadir.

Widian Dharma Singgih, tokoh pemuda Desa Ngadiwono Tosari berharap kegiatan seperti ini bisa rutin digelar untuk mengangkat kebudayaan Jawa Timur, khususnya adat budaya suku Tengger.

"Utamanya biar anak-anak muda bisa terus mewarisi dan menjalankan tradisinya, dipadu dengan kreativitas ala anak muda sekarang," ungkap Singgih.