Event Lumajang Mbiyen Bangkitkan Nuansa Jaman Dulu

Bupati dan Wakil Bupati Lumajang saat hadir di event Lumajang Mbiyen. Foto: Visit Lumajang/Istimewa

Sudah menjadi tradisi gelaran Hari Jadi Lumajang (Harjalu) mengadakan event yang mengusung tema Lumajang tradisional pada tahun 1900an.

Dulu dikenal dengan nama Lumajang Djadoel kali ini di tahun 2022, event tersebut dinamai dengan Lumajang Mbiyen yang mengusung era tahun 1930-1960.

Event Lumajang Mbiyen dibuka oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) yang ditahun ini diadakan di Kawasan Pabrik Gula Djatiroto, pada Jum'at pagi, 23 Desember 2022.

Bupati Lumajang menyampaikan bahwa melalui event Lumajang Mbiyen masyarakat bisa mengekspose heritage dan kenangan masa lalu Lumajang.

"Melalui kegiatan Lumajang Mbiyen ini kita ekspose heritage dan kenangan masa lalu Lumajang," ujar bupati saat mengisi pidato pembukaan event Lumajang Mbiyen.

Tak hadir sendiri tentunya bupati Lumajang hadir bersama Ibu Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati serasi menggunakan pakai tradisional.

Kedatangan keduanya disambut dengan prosesi menyambut pemimpin pada zaman dahulu dengan barisan pengawalan yang menyatukan tombak.