Festival Wisata Desa, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Kunjungi Lumajang

Kedatangan Gubernur Jatim disambut Duta Antinarkoba Lumajang. Foto via @visitlumajang

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa kunjungi Pemandian Alam Tirtosari, Candipuro, Lumajang, Minggu 30 Mei 2021. Kunjungan ini dalam rangka Festival Wisata Desa (FWD) dan Launching Produk Wisata di Tirtosari View.

Desa wisata ini merupakan bagian dari program Klinik BUM Desa dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinas PMD) Jatim. Pada pengembangannya juga berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim.

"Kami harap dari pengembangan desa wisata seperti ini maka akan meningkatkan pendapatan masyarakat yang pada akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata orang nomor satu di Jawa Timur ini.

"Terimakasih Pak Kades atas seluruh inisiasi yang menampakkan hasil membanggakan. Kepada para Pokdarwis dan BUM Desa yang lain tetap semangat dan teruslah berinovasi," imbuh Gubernur Jatim Khofifah.

Tercatat jumlah BUM Desa di Jatim sendiri sebanyak 6.118 BUM Desa dengan klasifikasi maju (537 BUM Desa), berkembang (2.285 BUM Desa), dan pemula (3.296 BUM Desa).

Dari jumlah tersebut sebanyak 267 BUM Desa yang telah mengelola unit usaha wisata yang diharapkan akan mendongkrak pendapatan masyarakat desa.

Pada kegiatan ini, Gubernur Jatim mengapresiasi konsep Wisata Alam dan Wisata Amal yang diusung obyek wisata Tirtosari View di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.