Festival Wisata Desa, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Kunjungi Lumajang

Gubernur Jatim, Bupati Lumajang dan Tim Klinik BUMDes di Kafe Warna-Warni Tirtosari. Foto via @visitlumajang

Kafe Warna-Warni, Produk Wisata Baru di Tirtosari View

Menurutnya, konsep ini merupakan sebuah keunggulan yang dimiliki oleh Desa Penanggal. Di mana dari wisata yang berbasis pada keindahan alam ini masyarakat juga bisa menyemai keberkahan di lingkungannya.

"Ini harus jadi sumber kerukunan, keguyuban dan sumber kebahagiaan bagi masyarakat sekitar," puji Khofifah Indar Parawansa.

"Bahwa dari income yang didistribusikan ke lembaga-lembaga tadi Insyaallah juga akan meningkatkan harkat martabat, SDM serta kualitas IPM Desa Penanggal," tandasnya.

Selain produk pemandian alam, outbond, spot fotounderwater, baru-baru ini wisata Tirtosari View juga mengembangkan Kafe Warna-Warni, dengan mengusung konsep outdoor dan buka sampai malam hari.

Pengembangan unit usaha wisata Tirtosari View ini merupakan kolaborasi Pemprov Jatim dengan Pemkab Lumajang, pemerintah desa setempat, serta didukung oleh PT. HM Sampoerna dan Yayasan Rumah Kita Sidoarjo.

Dipaparkan Kepala Desa Penanggal Cik Ono, income atau pendapatan yang diperoleh dari kawasan Pemandian Alam Tirtosari ini akan didistribusikan untuk elemen masyarakat yang berkontribusi bagi lingkungan sekitar.

"Antara lain seperti biaya operasional masjid, kemudian juga tambahan tunjangan bagi guru ngaji atau guru kontrak," ungkap Kepala Desa Penanggal Cik Ono.