Jangan Panik Saat Gempa Bumi! Ingat Tips dari BMKG Ini Saat Terjadi Gempa

Salah satu rumah di Gucialit yang terkena dampak gempa bumi siang ini. Foto via WAG/Istimewa

Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi

Tidak panik adalah satu hal mendasar yang harus dipahamkan kepada setiap orang. Meskipun bukan berarti kita harus pasrah gitu aja saat bencana datang.

Dirangkum dari laman resmi BMKG, berikut ini adalah hal-hal yang harus Visiters lakukan saat terjadi gempa bumi, sebagai antisipasi penyelamatan diri dan orang-orang di sekitarmu.

Pertama, jika kamu berada di dalam bangunan, lindungi badan dan kepalamu dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja atau properti yang kokoh.

Cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan goncangan, atau lari ke luar apabila masih dapat dilakukan. Jangan saling dorong dan tetap tenang saat kamu berada di keramaian.

Kedua, jika Visiters berada di luar bangunan atau area terbuka, hindari bangunan yang ada di sekitar kamu seperti gedung, tiang listrik, pohon, dll. Perhatikan juga tempat kamu berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah.

Ketiga, jika kamu sedang mengendarai mobil segeralah keluar, turun dan menjauh dari mobil. Hindari sejauhnya jika terjadi pergeseran atau kebakaran. Ingat juga poin kedua di atas.

Keempat, jika kamu tinggal atau berada di pantai, segera jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami. Kelima, jika kamu tinggal di daerah pegunungan, segera hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran saat gempa bumi.