Kampung Anggur? Gemes Kangmas...

Penanaman bibit anggur impor dilakukan warga meskipun cuaca hujan. Foto via @visitlumajang

Nggak cuma sekedar ingin populer, Pemerintah Kecamatan Sumbersuko rupanya mengembangkan Kampung Anggur secara intensif dan berorientasi jangka panjang.

Beberapa OPD juga menyatakan siap mendukung rebranding Kampung Anggur. Beberapa di antaranya DLH Lumajang, Dinas Pertanian, serta Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang.

Ditemui di sela-sela penaman anggur berkualitas impor di Kampung Anggur Lumajang, Senin 25 Januari 2021 kemarin, Camat Sumbersuko Misjoko juga berterimakasih atas dukungan banyak pihak.

Program Kampung Anggur tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya dukungan dari masyarakat. Apalagi program ini juga didukung Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Bunda Farin (Musfarinah Thoriq, -red.)

Penanaman anggur berkualitas impor di pintu masuk Kampung Anggur ini untuk mempercantik kawasan tersebut. Di mana nantinya spot ini akan menjadi semacam lorong anggur yang punya daya pikat.

"Harapannya secara keseluruhan adalah perubahan mindset secara psikologis tentang image kampung ini, memberikan edukasi dan pemahaman untuk mengikis image negatif kampung ini," ungkap Misjoko.

Selain intens berkomunikasi dengan beberapa tokoh dan warga setempat, Kecamatan Sumbersuko juga menggandeng beberapa komunitas dan pegiat lingkungan untuk mendukung program Kampung Anggur.