Kampung Anggur? Gemes Kangmas...

Penanaman bibit anggur di Kampung Anggur, Senin 25 Januari 2021. Foto via @visitlumajang

Gemes Kangmas di Kampung Anggur

"Bibit-bibit anggur yang kami tanam ini juga hasil sumbangan masyarakat yang peduli. Warga setempat juga berperan aktif dengan melakukan penanaman bibit-bibit anggur ini," imbuh Camat Sumbersuko.

Beberapa bibit anggur yang ditanam pada sore kemarin antara lain varietas New Baikonur, Kleopatra, Beauty Krasotka, Mondrop, Gosu yang berasal dari swadaya warga Lumajang.

Bibit anggur ini ditanam di sepanjang jalan penghubung RT 3 dan RT 4, RW 2, Desa Sumbersuko, Kecamatan Sumbersuko. Di mana nantinya jalan ini akan menjadi lorong anggur, sebagai ikon utama Kampung Anggur.

Sementara itu Isaac Hardy Yuwono, Sekretaris Kecamatan Sumbersuko menyatakan dalam rebranding Kampung Anggur ini, masyarakat setempat antusias, setelah sebelumnya dilakukan pendekatan secara humanis.

"Dukungan juga datang dari RW 5 Kelurahan Ditotrunan, Kecamatan Lumajang, yang siap melakukan pendampingan dalam program Proklim Lestari, yang juga akan sinkron dengan DLH Lumajang," ungkap Isaac.

Kata Anggur sendiri merupakan singkatan dari Anggun, Giat, Unggul, Responsif yang sekaligus menjadi semangat baru perubahan di RW 2 Desa Sumbersuko, Kecamatan Sumbersuko.

Kampung Anggur sendiri merupakan bagian dari program Gemes Kangmas (Gerakan Membangun Sumbersuko Kampung Anggur Mandiri Sejahtera).