Ke Jakarta Tanpa Transit, Bisa Naik Kereta dari Stasiun Klakah

Keberangkatan kereta api jalur baru dari Stasiun Klakah. Foto: Ahmad VL/Visit Lumajang

Kado Spesial Untuk Warga Lumajang

Bupati Lumajang Thoriqul Haq yang hadir saat acara peresmian jalur pemberhentian tersebut mengungkapkan hal ini adalah kado bagi masyarakat Lumajang.

Menurut bupati, jalur baru ini bisa mempermudah masyarakat. Sehingga mereka kini sudah bisa melakukan perjalanan ke Jakarta dengan berangkat dari stasiun Klakah tanpa transit.

"Ini merupakan kado istimewa bagi Kabupaten Lumajang, karena kereta Pandalungan dan Blambangan bisa berhenti di Stasiuj Klakah," ujar Thoriq pada Kamis, 17 Agustus 2023.

Sementara itu, Direktur Operasi PT KAI, Awan Hermawan Purwadinata menjelaskan dengan bertambahnya 2 armada kereta yang berhenti ini, akan ada sekitar 16 kereta yang berhenti untuk transit di Stasiun Klakah.

Seusai berhenti di Stasiun Klakah, dua armada kereta ini akan melanjutkan perjalanan ke kota tujuan yakni Stasiun Gambir, Jakarta Pusat ataupun Kota Semarang tanpa transit.

Awan berharap, dengan berhentinya KA Pandalungan dan Blambangan ini nantinya bisa bermanfaat dan memudahkan masyarakat Lumajang untuk bermobilisasi menggunakan transportasi umum khususnya kereta api.

"Jadi bagi masyarakat yang ingin berpergian ke Jakarta atau Semarang mulai hari ini bisa menggunakan kereta api tanpa transit lagi," kata Awan.